Inheritance

Inheritance adalah pewarisan sifat dari superclass ke subclass, yang mewarisi attribute dan method yang masih sejenis beserta attribute dan method tambahan yang merupakan sifat khusus subclass. Misalnya class sapi adalah hewan bertulang belakang / vertebrata yang merupakan mamalia pemakan tumbuhan / herbivora.
Keuntungan dari inheritance adalah programmer dapat menggunakan coding dari superclass yang nantinyan digunakan secara berulang ulang pada subclass tanpa harus menulisnya berulang kali juga.
Inheritance ini diawali dengan mendefinisikan superclass, dari itu dapat membuat object yang berdasarkan superclassnya. Sehingga akan terbentuk subclass yang mana setiab object subclass dapat mengakses semua data dan program yang dimiliki superclass.

C#


</pre>
<b>using </b>System;

<b>namespace </b>inher

{

class vertebrata

{

String status_vertebrata= "hewan bertulang belakang";

<b>public </b>void <b>bertulang_belakang</b>(String hewan, Boolean status){

<b>if </b>(status == <b>true</b>) {

Console.<b>WriteLine</b>(hewan + " " + status_vertebrata);

}

<b>else </b>{

status = <b>false</b>;

}

}

}

class mamalia : vertebrata{

<b>public </b>void <b>menyusui </b>(String animal){

Console.<b>WriteLine</b>(animal + "Merupakan Mamalia karena menyusui");

}

<b>public </b>void <b>carnivora </b>(String animal, Boolean status){

<b>if </b>(status == <b>true</b>) {

Console.<b>WriteLine</b>(animal + "Makan Daging");

}

}

<b>public </b>void <b>herbivora </b>(String animal, Boolean status){

<b>if </b>(status == <b>true</b>) {

Console.<b>WriteLine</b>(animal + "Makan Tumbuhan");

}

}

<b>public </b>void <b>omnivora </b>(String animal, Boolean status){

<b>if </b>(status == <b>true</b>) {

Console.<b>WriteLine</b>(animal + "Pemakan Segala");

}

}

}

class Program

{

<b>public </b>class inheritance:mamalia{

<b>public </b>static void <b>Main</b>(string[] args)

{

inheritance sapi = <b>new </b><b>inheritance</b>();

sapi.<b>bertulang_belakang</b>("Sapi", <b>true</b>);

sapi.<b>menyusui</b>("Sapi");

sapi.<b>herbivora</b>("Sapi", <b>true</b>);

Console.<b>Write</b>("Press any key to continue . . . ");

Console.<b>ReadKey</b>(<b>true</b>);

}

}

}

}
<pre>

c#

Java


package inher;

&nbsp;

/**

*

* @author epong

*/

&nbsp;

class vertebrata {

String status_vertebrata = "Hewan Bertulang Belakang";

public void bertulang_belakang(String hewan, boolean status){

if(status == true){

System.out.println(hewan+ "  " + status_vertebrata);

}

else{

status = false;

}

}

}

class mamalia extends vertebrata{

public void menyusui(String animal){

System.out.println(animal + "Merupakan Mamalia Karena Menyusui");

}

public void carnivora(String animal, boolean status){

if(status==true){

System.out.println(animal + "Makan Daging");

}

}

public void herbivora(String animal, boolean status){

if(status==true){

System.out.println(animal + "Makan Tumbuhan");

}

}

public void omnivora(String animal, boolean status){

if(status==true){

System.out.println(animal + "Pemakan Segalanya");

}

}

}

&nbsp;

&nbsp;

class inher extends mamalia {

public static void main(String[] args) {

inher sapi = new inher();

sapi.bertulang_belakang("Sapi", true);

sapi.menyusui("Sapi");

sapi.carnivora("Sapi", true);

&nbsp;

}

}

java

C++

</pre></pre>
#include <iostream>

using namespace std;

&nbsp;

class Induk_Class

&nbsp;

{

string vertebrata;

Nokia;

public :

void tulangbelakang(std::string hewan, bool status)

&nbsp;

&nbsp;

{

if(status == true)

&nbsp;

&nbsp;

{

cout << hewan+"hewan bertulang belakang"+vertebrata;

&nbsp;

&nbsp;

}

&nbsp;

else

&nbsp;

{

status = false;

&nbsp;

}

&nbsp;

}

&nbsp;

};

&nbsp;

class Anak_Class:Induk_Class

&nbsp;

{

&nbsp;

public :

void menyusui(string hewan)

&nbsp;

&nbsp;

{

cout<<endl<< hewan +"merupakan mamalia karena menyusui";

&nbsp;

cout<<endl;

}

void carnivora(string hewan, bool status)

&nbsp;

&nbsp;

{

&nbsp;

if(status==true)

&nbsp;

{

&nbsp;

cout<<endl<<hewan +"makan rumput";

&nbsp;

cout<<endl;

&nbsp;

}

&nbsp;

}

&nbsp;

};

&nbsp;

int main()

&nbsp;

{

&nbsp;

&nbsp;

&nbsp;

Anak_Class sapi;

&nbsp;

&nbsp;

sapi.menyusui("Sapi ");

&nbsp;

cout<<endl;

sapi.carnivora("sapi ",true);

&nbsp;

&nbsp;

cout<<endl;

&nbsp;

cout<<endl;

&nbsp;

return 0;

&nbsp;

}
<pre>

inheri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s