Class, Method, dan Modifier

Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.

Secara umum, struktur Class sebagai berikut :

(modifier_satu) class NamaClass (modifier_dua){

     classbody }

 

Method adalah sarana bagi programmer untuk memodularisasi, artinya membreak atau memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil. Setiap method yang menghasilkan suatu nilai dengan tipe data tertentu yang dinamai Return Type. Apabila terdapat suatu fungsi yang tidak menghasilkan suatu nilai apapun maka bagian return type ini diganti dengan void.Penamaan method mengikuti kaidah penamaan seperti pada penamaan variabel.

Bagian parameter pada method diisi dengan parameter-parameter fungsi yang diperlukan. Passing Parameter  dilakukan dengan cara pass by value dan pass by reference.Dengan analogi tersebut, otomatis beberapa hal umum seperti local variable,pemanggilan method, pendefinisian return value type, dsb adalah sama.

Berikut deklarasi method secara umum:

[modifier] tipe_return_value namaMethod (tipe parameter)

{

    methodBody;

}

Modifier adalah ruang lingkup aksesibilitas dari sebuah Obyek dan anggotanya. Kita dapat mengontrol ruang lingkup objek anggota kelas menggunakan access modifier. Kita menggunakan access modifier untuk menyediakan keamanan Code yang kita Buat.

C#

</pre>
class Program

{

public static void Main(string[] args)

{

Satu s = new Satu(); //--->bikin object s

Console.Write("Masukkan nilai = ");

s.d = Convert.ToByte(Console.ReadLine());

s.Tes4(s.d);

Console.Write("\nPress any key to continue . . . ");

Console.ReadKey(true);

}

}

class Satu //--->Class

{

byte a = 10; //field modifier default

private byte b; //field modifier private

protected byte c; //field modifier protected

public byte d; //field modifier public

void Tes() //---> method modifier default

{

Console.WriteLine("Testing 1");

}

private void Tes2() //---> method modifier private

{

Console.WriteLine("Testing 2");

}

protected void Tes3() //---> method modifier protected

{

Console.WriteLine("Testing 3");

}

public void Tes4(byte i) //---> method modifier public

{

Console.WriteLine("nilai = {0}",i);

}

}
<pre>

1

JAVA

package classjava;

import java.util.Scanner;

/**

*

* @author Windows 7

*/

public class Classjava {

/**

* @param args the command line arguments

*/

private static Scanner input = new Scanner(System.in);

public static void main(String[] args) {

Satu s = new Satu(); //--->bikin object s

System.out.print("Masukkan nilai = ");

s.d = input.nextByte();

s.Tes4(s.d);

System.out.println("\nPress any key to continue . . . ");

}

} class Satu //--->Class

{

byte a = 10; //field modifier default

private byte b; //field modifier private

protected byte c; //field modifier protected

public byte d; //field modifier public

void Tes() //---> method modifier default

{

System.out.println("Testing 1");

}

private void Tes2() //---> method modifier private

{

System.out.println("Testing 2");

}

protected void Tes3() //---> method modifier protected

{

System.out.println("Testing 3");

}

public void Tes4(byte i) //---> method modifier public

{

System.out.println("nilai = "+i);

}

}
<pre>

3

C++


using namespace std

class jumlah

{

public :

int tambah (int x, int y)

{

int z;

z=x+y;

return z;

}

void hasilJumlah(int data)

{

count << “Hasil Jumlah =” <<<div=””>

}

};

int nilai()

{

Int i = 0;

count << “Inputkan Nilai = ”;

cin >> i;

return i;

}

int main(int argc, char*argv[])

{

Jumlah prossess;

int x,y,z;

x=nilai();

y=nilai();

z=prossess.tambah;

prossess.hasil(z);

system(“PAUSE”);

return EXIT_SUCCESS;

}

2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s